Pengaruh
Perilaku Konsumen Mobile Internet Terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan
Data Unlimitied Internet CDMA di DKI Jakarta
Teknologi GSM dan CDMA
menjadi pilihan bagi pasar potensial bagi penyedia jasa operator jaringan
telekomunikasi di Indonesia. Terus tumbuhnya pasar internet membuat operator
telekomunikasi giat berlomba memasarkan paket-paket jasa layanan data internet.
Operator- operator telekomunikasi GSM ataupun CDMA seperti tak
mau kalah menawarkan paket-paket internet tersebut. Paket Mobile internet yang lagi
menjadi trend dan menjadi komiditi produk andalan dari beberapa operator
Telekomunikasi untuk menawarkan dan mendapatkan pelanggan internet sebanyak
mungkin adalah dengan menawarkan paket layanan data “Unlimited Internet”.
Keputusan pembelian konsumen sangat dipengaruhi oleh perilaku pembelian dari
konsumen tersebut. Adapun perilaku pembelian konsumen dapat diukur dari empat
faktor yaitu faktor budaya(X1), sosial(X2), pribadi(X3)
dan psikologi(X4). Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisa
dari keempat factor tersebut, agar dapat diketahui apakah semua faktor tersebut
berpengaruh, bagaimana hubungan dan seberapa besar pengaruhnya, serta faktor
apa yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian dibatasi
hanya pengguna dari operator telekomunikasi CDMA yang menyediakan jasa layanan
paket data Unlimited Internet, dengan menggunakan metode penelitian bersifat
deskriptif dan kuantatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
penyebaran kuesioner. Teknik analisa data menggunakan uji validitas dan
reliabilitas, regresi berganda, uji F dan uji t dengan bantuan software SPSS
16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel factor Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel faktor Psikologi(X4)
dengan t hitung sebesar 3,608 memiliki pengaruh paling besar/dominan/signifikan
dalam keputusan pembelian paket layanan data unlimited internet CDMA di DKI
Jakarta (dapat dibuktikan).
Jurnal yang didapat
dari:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar